Senin, 02 November 2009

Apa Yang Terjadi di Soulnation 09



Mungkin kalian udah denger berita entah dari mana, kalau terjadi sedikit kontroversi selama show gue di Soulnation Festival 09 (SF). Gue akan jelasin sedikit, inti2nya aja, karena gue ga mau kalian punya persepsi yang salah terhadap hiphop dan musisi lokal.
Iya, gue memang melakukan aksi protes di panggung gue, tepat sebelum lagu terakhir dimana gue berkolaborasi dengan all starnya musisi cinta negeri: Ras Muhamad, Kunokini dan Saykoji.
Gue membacakan puisi yang gue bisa yakinkan kalian semua, isinya sopan walaupun tajam. U know me, i never cursed in my songs or on stage. Selesai aksi itu gue melihat tanda2 performance gue akan distop panitia, sehingga gue lari meninggalkan stage dan mengambil tiang bendera merah putih yang sempat gue taruh ditengah stage pas awal opening show gue.
Gue balik ke panggung sambil mengibar-ngibarkan bendera merah putih dan berteriak merdeka, sambil Ras Muhamad, Bismo Kunokini dan Saykoji ganti2an freestyle di lagu "Rasa Sayange".
Selesai itu semua, gue akhiri performance dengan mengucapkan terima kasih dan "sampai bertemu di acara lain".
Tiba2 pas gue turun stage, ada panitia yang kebetulan gue kenal mendatangi gue dan mendesak gue untuk ikut kebelakang panggung dan "ngobrol2"
Gue udah tau praktek yg kaya gini dari jaman SMA, cuma bedanya biasanya itu terjadi pas gue turun bus/angkot di pinggir jalan, ini terjadinya di "festival kelas internasional"
Singkatnya selama kurang lebih 30 menit gue diberondong pertanyaan dalam formasi 4 lawan 1 oleh panitia termasuk pimpinan2 tertingginya.
All i could say was, i believe i did the right thing. Kalo lo liat performance gue kemarin, ini bukan sombong, tapi gue yakin gue layak dapat promosi dan panggung yg lebih layak. Dan ini terjadi juga tahun lalu.
Jadi intinya adalah gue kecewa, dan gue berbicara, yg mengakibatkan mereka kecewa. Well, u cant please everybody right? I dont hate them, hope they dont hate me too.
Thats all i can share.
Mau angle yg berbeda? coba baca ulasan detailnya Pandji Pragiwaksono di www.pandji.com/soulnation09

9 komentar:

  1. setelah baca postingan pandji dan jflow akhirnya kejawab juga rasa penasaran kmaren2,,
    walopun masih lebih penasaran sama isi puisinya,,
    hehehe..

    saya cuma bisa bilang salut buat kamu J,,
    berani "berpendapat" dan ngga cuma asal ngomong karena kamu juga sudah membuktikan sama semua orang diluar sana kalo kamu ngga bisa dipandang sebelah mata..

    lagian kalo ngga kontroversial begini paling juga ngga didengerin,,
    ya nggak ?!!

    *peace*

    BalasHapus
  2. hahaha,,great job dude. Finally u post what happened on last friday. Kalimat yg paling gue seneng dari postingan lu adalah 'Well, u cant please everybody right?..' dan ini pula yang menurut gue salah satu hal yang bisa membenarkan apa yang lu lakuin di soulnation kemarin. Walaupun gue gak nonton kejadiannya, gue yakin elu bener (nyesel kaga nonton,,wkwkwk,,malah nonton hari ke 2 doank,,huhhh,,)

    Tapi ngemeng2 tentang 'festival kelas internasional', kalo menurut pendapat gue, kayaknya soulnation kemarin didnt gave something big to the viewers. Tidak bisa dibilang festival yang sangat bagus, its good only, not great (dari penilaian gue yg cuma nonton hari ke 2). Banyak kekurangan,

    BalasHapus
  3. @ miar thanks miar :)
    @ nando..well, panitia jg bisa ngmg hal yg sama "u cant please everybody, right?" hehe..

    BalasHapus
  4. baru berapa hari lewat, rindu euphoria "Rasa Sayange". gue masih gak percaya gue ada di tengah-tengah keriaan itu.J,terlalu excited:)

    BalasHapus
  5. you said what you gotta say man.

    my man, jflow, you got my enourmous respect. That's what musicians and artist gotta do more often. express themselves, speak their minds.

    after all, it's what hiphop all about.

    Pangeran

    BalasHapus
  6. tapi penampilan kalian keren kok... i like your music. already bought your CD on soulnation. :D

    BalasHapus
  7. @vies: Missed that alreadyyyy...hyped bgt gue sm anak2..
    @pangeran: I knw u'd ve done the same :)
    @dita: thanks n ditunggu commentnya on my songs :)

    BalasHapus
  8. Thanks for the memories, I've got the front row action along with Pandji and Igor. Mad love for you J

    BalasHapus
  9. I miss my soulnation energy on stage..seru banget waktu itu..thanks to JFP for bringing out da best in me..kangen manggung lagi, ada yg mau ngundang? Lagi ga mahal kok :)

    BalasHapus