Sabtu, 30 September 2017

VIDEO JFLOW PERUSAK MORAL BANGSA


Cara gue merusak moral bangsa.

Gue ga tau apakah kalian sudah liat video klip single terbaru gue yang judulnya De Nada feat JEIA dan Denada. If, for whatever reason, you havent, gue saranin liat dulu supaya nyambung sama bahasan gue selanjutnya. Here’s the link https://www.youtube.com/watch?v=MZ5aW7uR3uA

So, sudah liat? Gimana, kaget? Muak? Suka? Biasa aja? 

Gue yakin lo ngeh bahwa jumlah dislikenya lebih banyak dari likenya (pencapaian baru nih buat gue, lol) tapi sekaligus ini video pertama yang gue upload dan masuk trending videos di youtube (sempet di posisi 3 setelah Agnez Mo dan Virgoun). So whats wrong with the video and how does that make me feel?

Ga ada yang salah sih. Sama seperti ga ada yang salah juga dengan netizen yang ga suka dan kasih thumbdownnya buat video gue. Musik dan seni itu murni subyektif dan tergantung sama selera, walaupun kadang kita suka keikut trend, cari aman, atau kemakan pencitraan :)
Gue cuma penasaran, apa netizen yang budiman (istilahnya @goenrock nih) sudah riset dulu untuk membackup komentar2 manisnya di kolom komen Youtube gue? Karena gue malah seneng kalau dikasih kritik. Ga usah yang membangun deh, ketinggian kalau itu. Cukup yang akurat, berdasar fakta dan data aja, gue udah salut.

Dari 4 ribuan komen dan surat cinta yang masuk, gue coba kelompokin jadi beberapa FAQs.

T: Kenapa Music Videonya mirip: Despacito-nya Luis Fonsi dan Daddy Yankee, Anaconda-nya Nicki Minaj, Swalla-nya Jason Derullo, N Minaj dan Ty $ Sign, Instruction-nya Jax Jones dan Demi Lovato, Work-nya Rihanna dan Drake, dan beberapa MV lainnya.

J: Jadi sebenarnya mirip yang mana? Kalau dibilang mirip sama sekitar 7-8 MV lainnya, berarti semua 7-8 MV artis2 internasional itu mirip satu sama lain dong? Hmmm..

T: Kenapa Lagunya mirip Despacito? 
J: Coba di breakdown deh, miripnya dimana. Dibandingin head to head aja dari mulai bpm (tempo) nada dasar, chord progression, melodi dan sound yang ada di Despacito dan De Nada. See? Ini masalah klasik pendengar musik awam sih, gue maklum. Di saat sebuah lagu lagi naik dan populer, semua orang akan merasa dirinya expert di genre musik yang bersangkutan dan akan berusaha terlihat pintar dengan mencari-cari “bahan kritik”. Gue yakin min 80% dari yang memirip2kan Despacito dengan De Nada baru aja jadi penikmat musik bergenre latin atau reggaeton dan ga ngikutin perkembangan dari awalnya. Mungkin tau Sean Paul juga baru dari kolabnya sama Lil Mix. Ciri khas lagu reggaton memang seperti itu pola ketukannya, silakan search chart top 40 Latin America, lo akan kaget dengan betapa monotonnya beat semua lagu disitu. Sound yang gue dan JEIA pilih juga sangat berbeda kalau diperhatikan baik2. Menjudge semua lagu reggaeton/ latin sebagai “jiplakan” atau Despacito wannabe sama dengan menghujat semua penyanyi dangdut sebagai penjiplak bang Rhoma atau semua artis hiphop sebagai Jay Z/ Tupac-Biggie wannabe. 
Yang pasti, Despacito ga punya vibe Dangdut, dan gue jamin ga ada part bahasa bataknya. 

T: Kenapa goyangan Denada jiplak Nicki Minaj?
J: Ehm, terakhir gue check, Nicki bukan satu-satunya artis yang pernah melakukan “twerk” di video maupun penampilan panggungnya. Sila cek Beyonce, Iggy Azalea, Miley Cyrus, Anitta, Rihanna dan ratusan artis lainnya yang ga satupun merasa berhak mengklaim gerakan yang disinyalir punya koneksi dengan budaya Afrika dan memang menjadi salah satu turunan elemen gerakan dalam hiphop ini.  https://en.wikipedia.org/wiki/Twerking 

T: Kenapa ga kaya Agnez Mo tuh, klip sama jogednya berkelas dan kekinian.


J: Karena gue bukan Agnez Mo dan ga kepingin juga untuk disama-samain, kita respek karya dan jalur masing-masing. Spesifik tentang video De Nada, dari konsep dasarnya udah beda jauh: Gue ga tau konsep dia apa, kalau gue dan Dena jelas mau bring back the 90's vibe. Yang ngotot bilang ini kebarat-baratan dan "kurang Indonesia" well coba aja cek di tahun 90an kaya gimana sih tongkrongan anak Jakarta. https://www.youtube.com/watch?v=cfCFqk6MFMY

T: Kenapa keseluruhan video ini jelek, vulgar, menabrak norma-norma kesusilaan, dan merusak moral generasi muda harapan bangsa?
J: Kenapa ditonton?




Love
J

My other videos yang "tidak terlalu" merusak moral bangsa:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar