Jumat, 04 September 2009

Ga nasionalis?


Pernah ada yg comment walaupun ga langsung ke gw, katanya jflow ga nasionalis karena ngerap dan nyanyi plus lagu2nya "bahasa Inggris melulu.."
Mungkin dia cuma denger bbrp lagu gw yg kebetulan full English atau bilingual, atau cuma tau gw sebagai featuring artist di lagu Nuansa Beningnya Vidi Aldiano. 
FYI, gw punya lagu2 berbahasa Indonesia yg ada di album pertama gw (Facing Your Giants)
Selain itu, gw sebenernya punya alasan lain kenapa memasukkan bahasa Inggris ke lagu2 gw.
Mungkin gw salah, tapi logika gw begini: Gw mau sebanyak mungkin orang diluar Indonesia tau bahwa ada karya2 berkualitas dan cocok sama kuping mereka yg berasal dari Indonesia. Kalau gw bawain lagunya full Indonesia, mereka ga akan ngerti apa yg mau gw sampein di lagu itu dan akhirnya mereka jadi males dengernya. Tapi gw jg ga mau identitas gw sebagai orang Indonesia ga muncul di lagu itu, makanya gw selipin kata2 bahasa Indonesia disana, dan gw sering nyebut trademark line gw "jflowrighthere" (ganggu ga sih??) supaya lama2 orang ngeh bahwa ini lagu jflow, musisi Indonesia itu..gimana menurut kalian?? Comments please..

11 komentar:

  1. tagline jflowrighthere? ga ganggu banget, banyak diluar yang pake tagline kok, kaya polow da don sama darkchiled, banyak juga yang lain

    BalasHapus
  2. Sabar,,biasanya orang yg ngritik gak nasionalis hanya karna pake bahasa asing, justru orang itu yg gak nasionalis, lebih ke chauvinism,,

    lebih simple-nya pake logika ini aja,,dunia punya budaya n bahasa yg beragam banget,,kalo kita bisa bahasa selain bahasa asli negara kita dan menggunakannya dalam pekerjaan kita supaya mendapatkan 'keuntungan' lebih banyak, kenapa engga ?

    buat tagline,,juga gak masalah,,justru seorang penyanyi harus punya,,taglin-tagline kaya gitu ntar yg emang bakal bikin branding image jg,,

    jadi kesimpulannya,,teruskanlah (kalo kata Agnes),,kalo kata SBY,,lanjutkan,,LOL,,sukses bro'

    BalasHapus
  3. pake tagline itu ada baiknya juga, tp lebih asyik kalo sesuai dg ritme + flow lagunya.

    gw rasa tagging yg lo bikin ntu emang khas, cuma ya terasa maksa & kaku kalo dimasukin di tiap lagu2 lo yg vibe-nya sangat bervariasi itu, sayang bgt kalo dipaksain.

    ini saran gw sih, tiap lagu lo punya tagging style sendiri2 aja sesuai sama lagunya, biar ntar flow-nya tetep alus. imho. :)

    BalasHapus
  4. @ Ilham: thx bro
    @ Saya berjalan: memang harus sabar ya, kaya investasi, ga bs berharap semua orang lgsg ngerti misi n cara pandang kita, ya?
    @ Aan Siaapp..di lagu yg baru, Feeling (www.myspace.com/jflowrighthere) udah gw bikin modifikasi tuh :)

    Damai

    BalasHapus
  5. hu.uh,,ada pepatah bagus yg pernah gue denger,,

    'kita gak akan pernah bisa menyenangkan semua pihak/orang,,jadi senangkan diri sndiri aja dlu,,being selfish for a while sumtime could be the best way to get the best result'

    BalasHapus
  6. K J.Flow, ini indra nih....
    cool ajalah... musik itu kan bahasa universal, jadi sah sah aja kalo pake bahasa international.

    BalasHapus
  7. @Nando yup, bill cosby pernah bilang, saya ga tau resep sukses, tapi resep untuk gagal adalah mencoba menyenangkan semua orang..
    @Xammy setuju, so lets talk music..

    BalasHapus
  8. bikin lagu pakai bahasa inggris tidak berarti tidak nasionalis.justru kalo diliat bisa membawa nama negara kita krn orang di luar jadinya kan bisa mengerti isi lagunya. dan satu lagi, siapa yang lebih bangga kalo lagu ciptaan anak bangsa bisa diterima internasional? tentu KITA =D
    dari, untuk dan bagi indonesia...

    so, keep up the good work Jay...kita selalu mendukung.
    dan tagline, menurut gw ga ada masalah sekali.

    BalasHapus
  9. @Pelangi: Thanks ya..my love for United Indonesia fam..

    BalasHapus
  10. aaah itu sih mungkin orang yg ga fasih dalam berbahasa inggris jadi aga susah dengerin lagu ka josh *LOL.. keep fighting ka! Indonesians must be proud of you.. yang berkarya dengan visi "introducing Indonesia to d'world by ur music" . well, line "jflowrighthere' itu sexy buat didenger ko hihi sejenis Wiz Khalifa yg slalu ketawa "khas" disetiap lagunya.. Respect!!

    BalasHapus
  11. Aku percaya ka Jflow nasionalis kok :D

    BalasHapus